Laka Lantas Mengancam di Ndang Bibik, Masyarakat Dilam Kerjakan Pengedaman Badan Jalan Secara Swadaya

Kecelakaan Lalu Lintas (Laka Lantas) mengancam masyarakat Dilam Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok yang berkendaraan baik sepeda motor atau kendaraan lainnya, yang melintas di Jalan Ndang Bibik Jorong Batu Sangkar Nagari Dilam.

Ancaman Laka Lantas tersebut diakibatkan oleh badan Jalan Ndang Bibik sepanjang kurang lebih 40 meter runtuh tergerus oleh air hujan ataupun air yang masuk ke badan jalan.

Hal tersebut membuat masyarakat setempat berinisiatif untuk memperbaiki kondisi badan jalan itu, agar jalan tersebut layak dilalui oleh masyarakat Nagari Dilam baik pejalan kaki maupun oleh kendaraan yang berlalu lalang.

Inisiatif tersebut dapat dilihat dengan adanya pengerjaan pengedaman secara swadaya pada Hari Minggu tanggal 13 sampai Kamis 17 Desember 2020, oleh masyarakat setempat terhadap badan jalan Ndang Bibik Jorong Batu Sangkar Nagari Dilam yang tergerus oleh air itu.

Inisiatif dan pergerakan dalam penggalangan dana sampai terlaksananya pengerjaan pengedaman badan jalan itu, dipelopori oleh mantan Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Dilam Maisardi, Bhabinsa Koramil 08 Bukit Sundi dan tokoh pemuda Nagari Dilam Junaidi Datuak Sampono Bumi.

Pada TopSumbar.co.id, Jumat (18/12/2020), Junaidi Datuak Sampono Bumi mengatakan, yang sangat berperan dalam pembangunan pengedaman badan jalan itu adalah Wali Jorong dan Ketua Pemuda Batu Sangkar Nagari Dilam.

“Merekalah yang mengumpulkan receh, demi kenyamanan masyarakat Nagari Dilam yang melintas di Jalan Ndang Bibik tersebut,” kata Junaidi Datuak Sampono Bumi.

Lebih lanjut Junaidi menyebutkan, jika ada pihak lain yang menjadi pahlawan kesiangan pada pengerjaan pengedaman tersebut kami tidak menerima. Apalagi pihak pemerintahan nagari yang tidak mau tau terhadap rusaknya badan jalan itu.

“Pengerjaan Jalan Ndang Bibik Jorong Batu Sangkar itu terlaksana, dikerjakan secara swadaya dan dana untuk itu juga digalang secara swadaya. Itu bukan pekerjaan proyek, ataupun campur tangan pemerintahan nagari,” tegasnya.

Selain itu, dilanjutkan Junaidi, saudara Habibie perwakilan PT. Arta Bumi Andalas juga berperan penting dalam pembangunan pengedaman badan jalan rusak itu. Dimana ia mau menyumbang atas pembangunan tersebut, ia juga meminjamkan kendaraan milik perusahaan dalam pengerjaan pengedaman badan jalan Ndang Bibik itu.

“Mewakili masyarakat Dilam, kami sangat berterima kasih pada perwakilan PT. Arta Bumi Andalas yang peduli terhadap keselamatan masyarakat Dilam,” ucapnya.

Ia menambahkan, semoga semua pengerjaan pembangunan infrastruktur di daerah oleh PT. Arta Bumi Andalas sebagai mitra pemerintah berjalan sukses, seperti pengerjaan jalan Dilam-Tabek sekarang. (Andar MK)

Pos terkait