Padang Panjang Dipilih Basarnas Padang Lokasi Pelatihan SAR Daerah Tahun 2020

Kota Padang Panjang dipilih Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) kota Padang wilayah kerja Provinsi Sumatera Barat sebagai lokasi pelatihan SEARCH AND RESCUE (SAR) daerah tahun 2020

Dipilihnya Kota Padang Panjang sebagai lokasi pelatihan SAR daerah tahun ini dikarenakan geografis Padang Panjang yang memiliki jalan berbelok-belok, jurang cukup dalam dan sering terjadinya kecelakaan kendaraan yang masuk jurang di daerah itu.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Basarnas Padang, Asnedi, S.Sos.,M.Si saat berkunjung ke kota Padang Panjang, Jum’at (18/09/2020), seperti dirilis Dinas Kominfo kota setempat.

Bacaan Lainnya

Disebutkan Asnedi, pelatihan SAR daerah dilaksanakan setiap tahun dan untuk tahun ini dipilih Kota Padang Panjang sebagai tempat pelaksanaanya.

“Insya allah kegiatan ini akan kita gelar pada tanggal 06 dan 07 Oktober mendatang,” katanya.

Adapun materi atau jenis pelatihan yang akan diberikan nanti kata Asnedi diantaranya simulasi kecelakaan penanganan khusus.

“Untuk latihan kering sebelum hari H tanggal 07 nya akan dilaksanakan pemberian materi terlebih dahulu di Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata kota Padang Panjang. Kemudian pada tanggal 7-nya akan dilaksanakan pelatihan di Jembatan Kembar, Lembah Anai,” kata Asnedi.

Dijembatan kembar itu nanti, imbuh Asdedi, akan diuji response time untuk melakukan penanganan kecelakaan khusus.

“Contohnya kalau ada mobil atau motor yang masuk jurang akan kita simulasikan penanganannya disini, “imbuhnya.

Untuk mendukung kesuksesan kegiatan pelatihan tersebut pihaknya juga akan melibatkan 21 Instansi yang ada di kota Padang Panjang diantaranya yaitu dari Polres Padang Panjang dan instansi terkait lainnya.

“Alhamdulillah sampai sore hari ini untuk dukungan atau hasil koordinasi sudah 80% sampai 90% tinggal pelaksanaan dan secara administrasi nanti sebelum hari H,” ungkapnya.

Terpisah, Kabid Pemadam Kebakaran dan Perlindungan Masyarakat pada Dinas Pol PP dan Damkar kota Padang Panjang, Jon Eriko, S.Sos mengatakan kesiapan pihaknya mengikuti kegiatan pelatihan SAR yang bakal digelar Basarnas Padang nantinya.

“Kita sudah sangat siap untuk mengikuti kegiatan pelatihan SAR dimaksud dan bahkan kita telah mengirimkan anggota guna mengikuti kegiatan pelatihan di Basarnas Padang selama tiga hari,” katanya.

Kadis Kominfo Padang Panjang, Ampera Salim, dihubungi Topsumbar.co.id terkait kedatangan Kepala Kantor Basarnas Padang, Asnedi ke Padang Panjang adalah guna menemui Walikota Padang Panjang dan jajaran terkait kesiapan pelaksanaan pelatihan SAR daerah dimaksud.

“Seusai bertemu Walikota, Bapak Fadly Amran dan jajaran terkait, Kepala Basarnas Padang kemudian menyambangi kantor Dinas Kominfo,” tutur Ampera Salim.

(AL)

Pos terkait