Update Covid-19 Sumbar 16 Agustus : Bertambah 13 Positif, 8 Sembuh dan 2 Meninggal Dunia

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), kembali merilis data terbaru data pantauan pasien Covid-19 se-Sumbar.

Menurut Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal, dalam rilis data terakhir pembaharuan dan rincian perkembangan Covid-19 di Sumbar hingga Minggu, (16/08/2020), pukul 18:39 WIB malam ini.

Juga diterima Topsumbar.co.id menyebutkan total sampai hari ini jumlah warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19 berjumlah sebanyak 1.349 orang atau bertambah sebanyak 13 orang bila dibandingkan dengan jumlah update sehari sebelumnya, Sabtu, (15/08/2020) tercatat 1.336 orang.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya pasien sembuh pada hari ini bertambah sebanyak 8 (delapan) orang.

Dengan demikian jumlah pasien sembuh hari ini total tercatat 896 orang. Sebelumnya pada update kemarin, Sabtu, (15/08/2020), tercatat 888 orang.

Kemudian pasien meninggal dunia hari ini bertambah sebanyak 2 (dua) orang.

Dengan demikian total meninggal dunia hingga hari ini tercatat berjumlah 40 orang.

Adapun rincian total 1.349 orang yang telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat, adalah :

  1. Dirawat di berbagai rumah sakit 137 orang (10,2%)
  2. Isolasi mandiri 229 orang (17,0%)
  3. Isolasi daerah 8 (delapan) orang (0,6%)
  4. Isolasi BPSDM 39 orang (2,9%)
  5. Meninggal dunia 40 orang (3,0%)
  6. Sembuh 896 orang (66,4%).

Diterangkan Jasman, berdasarkan laporan Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan dan penanggungjawabnya Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar.

“Melaporkan bahwa dari 2.264 sampel (Lab Fakultas Kedokteran UNAND 2120 spesimen dan Lab Veterenir Baso Agam 144 spesimen), terkonfirmasi tambahan 13 (tiga belas) orang warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19, kesembuhan pasien Covid-19 setelah 2 (dua) kali konversi negatif bertambah 8 (delapan) orang,” terang Jasman.

Adapun secara total jumlah spesimen diperiksa sampai hari ini, Minggu (16/08/2020) adalah 90..083. dan jumlah orang diperiksa : 78.647 orang.

Positivity Rate (PR) : 1,71%,”

Selanjutnya, disebutkan Jasman, terkait asal daerah 13 warga terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini berasal dari 5 (lima) daerah :

  1. Kabupaten Padang Pariaman 1 (satu) orang.
  2. Kota Padang 5 (lima) orang.
  3. Kota Payakumbuah 1 (satu) orang.
  4. Kota Bukittinggi 4 (empat) orang.
  5. Kabupaten Agam 2 (dua) orang.

Berikut rincian pertambahan warga Sumbar terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 13 orang dan sembuh 8 (delapan)
orang, hari ini :

Kabupaten Padang Pariaman

  1. Pria 29 th, warga Parit Malintang, pekerjaan Polri, diduga terpapar dari pekerjaan, penanganan isolasi mandiri sementara.

Kota Padang

  1. Wanita 23 th, warga Simpang Haru, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  2. Wanita 60 th, warga Simpang Haru, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  3. Pria 56 th, warga Gunuang Pangilun, pekerjaan Polri, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  4. Wanita 21 th, warga Pisang, status ex mahasiswa, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  5. Pria 51 th, warga Pisang, pekerjaan swasta, diduga terpapar dari pekerjaan, penanganan isolasi mandiri sementara. Kota Payakumbuah
  6. Wanita 38 th, warga Tanah Mati, pekerjaan pegawai, diduga terpapar dari pekerjaan, penanganan isolasi mandiri sementara.

Kota Bukittinggi

  1. Wanita 36 th, warga Gulai Bancah, pekerjaan TU, diduga terpapar dari pekerjaan (hasil survei), penanganan isolasi mandiri sementara.
  2. Wanita 51 th, warga Guguak Panjang, status IRT, diduga terpapar dari aktivitas keluarga, penanganan isolasi mandiri sementara.
  3. Wanita 85 th, warga Guguak Panjang, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, status meninggal dunia.
  4. Wanita 10 th, warga Kayu Kubu, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

Kabupaten Agam

  1. Wanita 61 th, warga Banuhampu, status IRT, diduga terpapar dari riwayat pengobatan di rumah sakit, status meninggal dunia.
  2. Wanita 38 th, warga Padang Lua, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan dirawat di RSUD Achmad Mochtar.

Pasien sembuh sebanyak 8 (delapan) orang :

  1. Balita (perempuan) 3 th, warga Kubu Dalam Parak Karakah, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUP Dr. M. Djamil.
  2. Wanita 59 th, warga Kubu Dalam Parak Karakah, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUP Dr. M. Djamil.
  3. Anak-anak (perempuan) 8 th, warga Kubu Dalam Parak Karakah, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUP Dr. M. Djamil.
  4. Anak-anak (laki-laki) 5 th, warga Kubu Dalam Parak Karakah, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUP Dr. M. Djamil.
  5. Wanita 33 th, warga Kubu Dalam Parak Karakah, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUP Dr. M. Djamil.
  6. Pria 22 th, warga Kampuang Kalawi, status mahasiswa, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Dinkes Padang.
  7. Pria 29 th, warga Banda Buek, pekerjaan swasta, diduga terpapar dari pekerjaan, pasien Dinkes Padang.
  8. Pria 58 th, warga IV Koto Kab. Agam, pekerjaan swasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Achmad Mochtar.

Meninggal dunia sebanyak 2 (dua) orang :

  1. Wanita 61 th, warga Banuhampu, status IRT, diduga terpapar dari riwayat pengobatan di rumah sakit, pasien RSUP Dr. M. Djamil.
  2. Wanita 85 th, warga Guguak Panjang, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Achmad Mochtar.

Berikut perkembangan Covid-19 di Sumbar, Minggu 16 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB.

Kasus Suspect dengan total 374 orang.

  1. Dirawat sebanyak 15 orang.
  2. Isolasi mandiri sebanyak 359 orang.

“Tetaplah waspada, jaga kesehatan dan mari konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” ajak Jasman.

“Mari kita semua berdoa, semoga wabah pandemik Covid-19 segera berakhir,” tutup Jasman Rizal yang adalah juga Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat.

(AL)

Pos terkait