Update : Sumbar 29 Juli, Kota Padang Kembali Zona Orange, Berikut Rincian Lengkap Lonjakan Positif Covid-19 Hari Ini

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), kembali merilis data terbaru data pantauan pasien Covid-19 se-Sumbar.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal, dalam rilis data terakhir pembaharuan dan rincian perkembangan Covid-19 di Sumbar hingga Rabu, (29/07/2020), pukul 18:22 WIB.

Juga diterima Topsumbar.co.id menyebutkan total sampai hari ini jumlah warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19 berjumlah sebanyak 891 orang atau bertambah sebanyak 17 orang bila dibandingkan dengan jumlah sehari sebelumnya, Selasa, (28/07/2020) sebanyak 874 orang.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya pasien sembuh pada hari ini bertambah sebanyak 7 (tujuh) orang. Jumlah ini sebagai koreksi atas jumlah sebanyak 8 (delapan) orang sebagaimana telah diberitakan dalam info Covid-19 pagi tadi.

Dengan demikian jumlah pasien sembuh hari ini total tercatat 750 orang. Sebelumnya kemarin, Selasa, (28/07/2020), tercatat berjumlah 743 orang.

Sedangkan pasien meninggal dunia, hari ini tercatat berjumlah 33 orang atau sama dengan total jumlah sehari sebelumnya Selasa (28/07/2020).

Adapun rincian total 891 orang yang telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat, adalah :

  1. Dirawat di berbagai rumah sakit 60 orang (6,7%)
  2. Isolasi mandiri 31 orang (3,5%)
  3. Isolasi BPSDM 17 orang (1,9%)
  4. Meninggal dunia 33 orang (3,7%)
  5. Sembuh 750 orang (84,2%)

Diterangkan Jasman, berdasarkan laporan Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan dan penanggungjawabnya Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar.

“Melaporkan bahwa dari 724 spesimen terperiksa (707 Lab Unand dan 17 Lab Baso Agam), terkonfirmasi tambahan 17 (tujuh belas) orang warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19, kesembuhan pasien covid-19 setelah 2 (dua) kali konversi negatif bertambah 7 (tujuh) orang,” terang Jasman.

Adapun secara total jumlah spesimen diperiksa sampai hari ini, Rabu,, (29/07/2020) adalah 69.454 dan jumlah orang diperiksa: 60.719.

Positivity Rate (PR) : 1,46% (sampai hari ini masih terendah dan terbaik nasional),” terang Jasman menambahkan.

Selanjutnya, diterangkannya, 17 orang warga Sumbar terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut hari ini berasal dari Kota Padang 16 orang dan dari Kab.Padang Pariaman 1 (satu) orang.

“InI juga sebagai koreksi atas pemberitaan sementara dalam info Covid-19 pagi tadi, dimana diberitakan Kota Padang bertambah 15 Orang, Kab. Padang Pariaman 1 (satu) orang dan Kab.Solok 1 (satu) orang. Artinya pada update data sore ini tidak ada penambahan terkonfirmasi positif Covid-19 dari Kab. Solok,” terang Jasman menambahkan.

Selanjutnya disebutkan Jasman, dengan bertambahnya 16 orang warga Kota Padang terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19, maka kondisi Kota Padang yang sebelumnya berada di zona kuning, kembali masuk ke zona orange.

“Artinya, di Sumbar terdapat 2 (dua) daerah yang berada di zona orange, yaitu Kabupaten Solok dan Kota Padang,” sebut Jasman.

Berikut rincian pertambahan warga Sumbar terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 17 orang dan sembuh 7 (tujuh) orang, hari ini :

Kota Padang

  1. Wanita 25 th, warga Anduriang, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan dirawat
  2. Wanita 20 th, warga Anduriang, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan dirawat.
  3. Pria 62 th, warga Anduriang, status pensiunan ASN, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan dirawat.
  4. Pria 23 th, warga Anduriang, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan dirawat.
  5. Pria 34 th, warga Kubu Dalam Parak Karakah, pekerjaan CS, diduga terpapar dari pekerjaan, penanganan dirawat.
  6. Pria 47 th, warga Indaruang, pekerjaan karyawan BUMN, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan dirawat.
  7. Wanita 55 th, warga Parak Laweh, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan dirawat.
  8. Wanita 16 th, warga Parak Laweh, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan dirawat.
  9. Wanita 34 th, warga Sungai Sapiah, pekerjaan Tenaga Kesehatan, diduga terpapar dari pekerjaan, pekerjaan isolasi mandiri sementara.
  10. Pria 57 th, warga Lubuak Buayo, pekerjaan Swasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan dirawat di RSUD Rasidin Padang.
  11. Wanita 40 th, warga Parupuak Tabiang, pekerjaan karyawan BUMD, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  12. Wanita 35 th, warga Tanah Sirah Piai, pekerjaan karyawan BUMD, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  13. Pria 32 th, warga Lubuak Lintah, pekerjaan karyawan BUMD, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  14. Pria 62 th, warga Lubuak Lintah, status pensiunan ASN, diduga terpapar dari aktivitas keluarga, penanganan dirawat di RS. Unand.
  15. Wanita 57 th, warga Lubuak Lintah, pekerjaan ASN, diduga terpapar dari aktivitas keluarga, penanganan dirawat di RS. Unand.
  16. Pria 62 th, warga Kubu Marapalam, pekerjaan pedagang, terinfeksi karena kontak di Pasar Raya, penanganan dirawat di RST Dr. Reksodiwiryo.

Kabupaten Padang Pariaman

  1. Pria 56 th, warga Kasang, pekerjaan karyawan BUMN, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan dirawat di Semen Padang Hospital.

Pasien sembuh sebanyak 7 (tujuh) orang dengan rincian :

  1. Wanita 14 th, warga Lubeg, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Semen Padang Hospital.
  2. Wanita 88 th, warga Sulit Aia, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Semen Padang Hospital.
  3. Pria 53 th, warga Kampuang Manggih, pekerjaan kontraktor, diduga terpapar dari pekerjaan, pasien Semen Padang Hospital.
  4. Wanita 28 th, warga Lapai, pekerjaan Tenaga Kesehatan, diduga terpapar dari pekerjaan, pasien RST Dr. Reksodiwiryo.
  5. Wanita 30 th, warga Batipuah Panjang, pekerjana honorer, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RST Dr. Reksodiwiryo.
  6. Wanita 24 th, warga Cengkeh, pekerjaan Pramusaji, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RST Dr. Reksodiwiryo.
  7. Wanita 28 th, warga Nanggalo, pekerjaan Tenaga Kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RST Dr. Reksodiwiryo.

Berikut perkembangan Covid-19 di Sumbar, Rabu 29 Juli 2020 pukul 12.00 WIB.

Kasus Suspect dengan total 86 orang.
Dirawat sebanyak 13 orang.
Isolasi mandiri sebanyak 73 orang.

“Tetaplah waspada, jaga kesehatan dan mari konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” ajak Jasman.

“Mari kita semua berdoa, semoga wabah pandemik Covid-19 segera berakhir,” tutup Jasman Rizal yang adalah juga Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat.

(AL)

Pos terkait