Update Covid-19 Sumbar 17 Juli, Terkonfirmasi 7 Kasus Positif dan 2 Orang Sembuh

Setelah beberapa hari terjadi penurunan angka pertambahan warga Sumbar terkonfirmasi positif Covid-19. Hari ini, Jumat, 17 Juli 2020, kembali dilaporkan kenaikan pertambahan warga Sumbar terkonfirmasi positif Covid-19, yaitu sebanyak 7 orang.

Kota Padang yang pada hari-hari sebelumnya setiap hari melaporkan pertambahan warganya terkonfirmasi positif Covid-19. Hari ini Kota Padang dilaporkan nihil pertambahan warga terkonfirmasi positif Covid-19.

Sebaliknya, pada hari ini dari 7 orang pertambahan warga Sumbar terkonfirmasi positif Covid-19, 5 orang diantaranya berasal dari Kab. Dharmasraya.

Bacaan Lainnya

Berikut laporan selengkapnya yang dikutip Topsumbar.co.id dari rilis update data terbaru penanganan Covid-19 gugus tugas percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Menurut juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal, dalam rilis data terakhir pembaharuan dan rincian perkembangan Covid-19 di Sumbar hingga Jumat, (17/7/2020), pukul 15:52 WIB sore.

Juga diterima Topsumbar.co.id menyebutkan total sampai hari ini jumlah warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19 berjumlah sebanyak 813 orang atau bertambah sebanyak 7 orang bila dibandingkan dengan jumlah sehari sebelumnya, Kamis, (16/7/2020) sebanyak 806 orang.

Selanjutnya pasien sembuh pada hari ini bertambah sebanyak 2 (dua) orang. Dengan demikian jumlah pasien sembuh hari ini total tercatat 692 orang. Sebelumnya kemaren, Kamis, (16/7/2020), tercatat berjumlah 690 orang.

Sedangkan pasien meninggal dunia, hari ini tercatat berjumlah 32 orang atau sama dengan total jumlah sehari sebelumnya Kamis, (16/7/2020).

Adapun rincian total 813 orang yang telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat, adalah:

Dirawat di berbagai rumah sakit 45 orang (5,5%)
Isolasi mandiri 27 orang (3,3%)
Isolasi BPSDM 17 orang (2,1%)
Meninggal dunia 32 orang (3,9%)
Sembuh 692 orang (85,1%)

Diterangkan Jasman, berdasarkan laporan Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan dan penanggungjawabnya Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar.

“Melaporkan bahwa dari 2013 spesimen terperiksa (2000 Lab Unand dan 13 Lab Baso Agam), terkonfirmasi tambahan 7 (tujuh) orang warga Sumbar positif terinfeksi covid-19 dan kesembuhan pasien Covid-19 setelah 2x konversi negatif bertambah sebanyak 2 orang lagi,” terang Jasman.

“Positivity Rate (PR) Sumbar hari ini adalah 1,48%. Masih terendah dan terbaik secara nasional,” terang Jasman menambahkan.

Adapun 7 orang warga Sumbar terkonfirmasi positif tersebut yaitu 1 (satu) orang dari Kota Payakumbuh, 5 orang dari Kabupaten Dharmasraya, dan 1 orang dari Kota Solok.

Berikut rincian pertambahan warga Sumbar terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 7 orang dan 2 (dua) orang sembuh hari ini :

Kota Payakumbuh

  1. Wanita 49 th, warga Kelurahan Sungai Pinago, pekerjaan ASN , diduga terpapar dari pekerjaan, penanganan isolasi mandiri sementara.

Kabupaten Dharmasraya

  1. Wanita 31 th, warga Padang Laweh, pekerjaan Tenaga Kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  2. Wanita 35 th, warga Padang Laweh, pekerjaan Tenaga Kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  3. Wanita 25 th, warga Padang Laweh, pekerjaan Tenaga Kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  4. Wanita 40 th, warga Timpeh, pekerjaan Tenaga Kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  5. Pria 25 th, warga Padang Laweh, pekerjaan swasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

Kota Solok

  1. Pria 20 th, warga Simpang Rumbio, status Mahasiswa, terinfeksi karena pulang dari Surabaya tanggal 12 Juli 2020, penanganan isolasi mandiri sementara.

Pasien sembuh sebanyak 2 orang

  1. Pria 39 th, warga Surau Gadang, pekerjaan TNI, terinfeksi karena pulang dari Surabaya tanggal 9 Juni 2020, pasien RSUD Rasidin Padang.
  2. Pria 47 th, warga Kuranji, pekerjaan Tukang, terinfeksi di Pasar Raya, pasien Dinkes Padang.

Berikut perkembangan Covid-19 di Sumbar yang datanya kami himpun dari berbagai rumah sakit dan gugus tugas Kabupaten Kota se Sumatera Barat, Jum’at 17 Juli 2020 pukul 14.00 WIB.

Kasus Suspek sebanyak 190 orang.
Dirawat 31 orang.
Isolasi Mandiri 159 orang.

“Tetaplah waspada, jaga kesehatan dan mari konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” ajak Jasman.

“Mari kita semua berdoa, semoga wabah pandemik Covid-19 segera berakhir,” tutup Jasman Rizal yang adalah juga Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat.

(AL)

Pos terkait