Polres Padang Panjang Gelar Syukuran Peringatan Hari Bhayangkara ke 74

Kepolisian Resor (Polres) Padang Panjang menggelar kegiatan syukuran memperingati Hari Bhayangkara ke-74, Rabu, (01/07/2020).

Acara yang dilaksanakan di aula Endra Darmalaksana Polres setempat itu berlangsung khidmat dan semarak.

Sebelum acara syukuran, terlebih dulu dilangsungkan upacara Hari Bhayangkara ke-74 yang dilaksanakan secara virtual serentak seluruh Indonesia termasuk Polres Padang Panjang.

Bacaan Lainnya

Pada acara syukuran turut dihadiri Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA, Ketua DPRD Kota Padang Panjang, Mardiansyah, A.Md, Dandim 0307/TD, pejabat utama Polres Padang Panjang, unsur Forkopimda lainnya dan segenap personil jajaran Polres Padang Panjang.

Kapolres Padang Panjang AKBP. Apri Wibowo, S.IK dalam sambutannya diawal acara syukuran membacakan amanat Kapolda Sumbar Irjen Pol. Toni Harmanto, MH, mengatakan momentum Hari Bhayangkara ke-74 kali ini sungguh berbeda dengan peringatan tahun-tahun sebelumnya.

“Kita semua penuh keperihatinan karena dampak bencana wabah penyakit menular yang menerpa seluruh negara di dunia,” ucap Kapolda.

Namun berkat rahmat Allah, lanjut Kapolda, kita tetap dapat melaksanakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Bhayangkara ke-74 secara virtual.

“Begitupun syukuran kali ini dapat terlaksana dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan sebagaimana telah ditetapkan pemerintah dalam rangka mempercepat penanganan Covid-19,” tutur Kapolda.

Terkait tema Hari Bhayangkara ke 74 tahun ini, ‘Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif’, disebutkan Kapolda, dapat dimaknai adanya kepedulian Polri akan kondisi masyarakat saat ini serta Polri senantiasa hadir untuk masyarakat.

Selanjutnya Kapolda juga menyampaikan, dalam menjawab tantangan revolusi industri 4.0 di tengah masa pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Polda Sumbar berinovasi membuat sistem yang terintegrasi guna meringankan pekerjaan, meningkatkan kualitas, mempermudah fungsi kontrol dan evaluasi serta meningkatkan performa pelaksanaan tugas kepolisian dalam melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat dalam bentuk dashboard aplikasi Polda Sumbar.

Kapolda juga menyampaikan apresiasi kepada personil Polda Sumbar yang telah menunjukan kinerja dan prestasi, sehingga mendapatkan penghargaan dari Kapolri, Menteri ATR/BPN, Menteri PUPR, Gubernur Sumbar dan Ketua PMI Prov. Sumbar.

“Hal ini hendaknya memotivasi bagi personil Polda Sumbar lainnya dalam meningkatkan kinerja,” pintanya.

Akan halnya peringatan Hari Bhayangkara ke-74, dikatakan Kapolda hendaknya dapat dijadikan momentum introspeksi bagi setiap insan Bhayangkara dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian.

“Saya juga menghimbau agar momentum ini dijadikan sarana memperkuat tekad Polri dalam mempererat kemitraannya dengan masyarakat dan sekaligus membuat hari Bhayangkara menjadi milik semua masyarakat yang memiliki peranan penting dalam membantu menjadikan terpeliharanya Kamtibmas,” himbau Kapolda.

Terakhir, kata Kapolda, kami menyadari berbagai upaya yang dilakukan Polri selama ini dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat belum sepenuhnya memenuhi harapan.

Namun Polri akan tetap berupaya secara konsisten dan berkesinambungan untuk memperbaiki segala kekurangan dan krtidaksempurnaan tersebut. Sehingga kedepannya kualitas pelayanan Polri akan semakin baik dan terus meningkat.

Saya juga mengajak seluruh personil Polri dan pejabat ditingkat daerah serta segenap mitra Polri dan komponen masyarakat untuk terus meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Semoga ditahun-tahun mendatang masyarakat dan bangsa yang kita cintai akan semakin sejahtera,” pungkas Kapolda.

Usai penyampaian amanat Kapolda Sumbar, oleh Kapolres Padang Panjang AKBP. Apri Wibowo, S.IK, berturut-turut acara setelahnya dilanjutkan dengan sejumlah kegiatan, yakni pemotongan tumpeng diberikan Kapolres kepada personil Polres tertua dan termuda, yaitu Aiptu Rianto dan Bripda Hafiz.

Kemudian penyerahan kue dari Walikota Padang Panjang, Fadly Amran, BBA kepada Kapolres Padang Panjang, AKBP. Apri Wibowo, S.IK.

Dilanjutkan, penyerahan Piagam penghargaan Satya Lencana Nararya 32 Tahun kepada Ipda Harefa, Aiptu Muklis, Purn Aiptu Syahrial, dan Alm Aiptu Ridwan Djamal.

Seterusnya, Bintang Nararya kepada AKP. Winerdi dan Iptu. Saherman.

Kemudian, pemberian penghargaan kepada personil Polres Padang Panjang yang aktif, yaitu kepada Bripka Diko Maha Putra (Bhabinkamtibmas Aktif) dan Aipda. Amrinas (pengungkapan kasus Curanmor di Polsek X Koto).

Selanjutnya pemberian tali asih kepada Purnawirawan Polri yang diterima

  1. Purn. Damri Husen
  2. Purn. Aziz Chan Bahar

Terakhir pemberian tali asih kepada Wartawan yang terbanyak beritanya tentang kegiatan Polres Padang Panjang, diberikan kepada Awaluddin Awe (Kabar Polisi), Alfian YN (Topsumbar.co.id), Sapta Saputra (Pasbana.com), dan Islandefri (Gofarlement).

(AL)

Pos terkait