Pagi Ini, Terjadi Lonjakan Warga Sumbar Terkonfirmasi Positif Covid-19

Jasman Rizal Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat.
Jasman Rizal Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), kembali merilis data terbaru sementara, update data pasien Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal, Rabu (29/07/2020), pukul 08:15 WIB, pagi ini menginformasikan terjadinya lonjakan pertambahan warga Sumbar terkonfirmasi positif Covid-19.

Diterangkan Jasman, berdasarkan laporan Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan dan penanggungjawabnya Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc.

Bacaan Lainnya

“Melaporkan dari 724 spesimen (707 Lab Fakultas Kedokteran Unand dan 17 Lab Veteriner Baso Agam), terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 sebanyak 17 orang,” terang Jasman.

Informasi sementara, sebut Jasman, yang terkonfirmasi positif tersebut berasal dari Kota Padang 15 orang, Kab. Padang Pariaman 1 (satu) orang dan Kab. Solok 1 (satu) orang.

Dengan demikian, kata Jasman, total warga sumbar positif terinfeksi Covid-19 hingga pagi ini mencapai jumlah 891 orang. Sebelumnya kemarin, Selasa, (28/07/2020) tercatat 874 orang.

Selanjutnya pasien sembuh hingga pukul 05:00 WIB pagi ini juga terkonfirmasi sementara bertambah sebanyak 8 (delapan) orang.

Dengan demikian jumlah pasien sembuh hingga pagi ini total tercatat 751 orang (85,29%). Sebelumnya kemarin, Selasa, (28/07/2020), tercatat 743 orang.

Kemudian sebut Jasman, berdasarkan hasil tracking dan tracing, hampir semua yang terpapar adalah imported case. Yang local transmission hampir tidak ada.

Untuk itu kita menghimbau bagi siapa pun yang baru pulang berpergian dari luar Sumbar, terutama dari daerah yang kategori merah (Pulau Jawa dan sebagian provinsi lainnya di Indonesia), sebaiknya begitu mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) segera lakukan tes PCR/SWAB secara gratis.

“Seluruh biaya tes PCR ini ditanggung oleh Pemprov Sumbar,” sebut Jasman.

Di samping itu, tutur Jasman, kita juga tidak bosan-bosannya meminta kepada masyarakat agar disiplin menjalani protokol kesehatan untuk mengatasi perkembangan Covid-19. Pakai masker, hindari kerumunan, sering cuci tangan, pulang ke rumah dari mana pun ganti pakaian dan langsung mandi.

Hindari beli makanan yang terbuka. Ingatkan pelayan makanan untuk tetap pakai masker dan dilarang keras pelayan makanan bicara didepan makanan, walaupun pakai masker.

“Untuk itu tetaplah jaga kesehatan dan marilah kita konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” ajak Jasman.

“Untuk keterangan dan rincian lain dan atau jika ada perobahan data, nanti sore akan kami sampaikan secara lengkap,” tutup Jasman Rizal yang juga Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat.

(AL)

Pos terkait