Update Covid-19 Sumbar : 26 Juni, Bertambah 1, Total Meninggal Menjadi 31 Orang

Rapit tes Corona
Rapit tes Corona

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), kembali merilis data terbaru data pantauan Covid-19 se-Sumbar.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal, dalam rilis data terakhir pembaharuan dan rincian perkembangan Covid-19 di Sumbar hingga Jumat, (26/06/2020), pukul 16:10 WIB.

Juga diterima Topsumbar.co.id menyebutkan total sampai hari ini jumlah warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19 berjumlah sebanyak 720 orang.

Bacaan Lainnya

Artinya pada hari ini terjadi penambahan warga positif terinfeksi Covid-19 sebanyak 3 (tiga) orang. Sebelumnya Kamis, (25/06/2020) kemarin tercatat berjumlah 717 orang.

Pertambahan 3 (tiga) orang tersebut, lanjut Jasman berdasarkan laporan Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan dan penanggungjawabnya Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc. ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar yang kami terima pagi ini.

“Bahwa dari 1.622 sample swab yang dikirim survailance berbagai rumah sakit di Sumbar, terkonfirmasi sample positif sebanyak 3 (tiga) orang, yaitu dari Kota Padang Panjang 2 (dua) orang dan Kota Padang 1 (satu) orang,” terang Jasman.

Selanjutnya pasien sembuh pada hari ini juga bertambah sebanyak 10 orang.

Dengan demikian jumlah pasien sembuh hari ini meningkat menjadi 571orang. Sebelumnya Kamis, (25/06/2020), tercatat berjumlah 561 orang.

Sedangkan pasien meninggal dunia, hari ini dilaporkan bertambah 1 (satu) orang.
Dengan demikian total jumlah meninggal dunia menjadi 31 orang.

Sebelumnya hingga Kamis, (25/06/2020) kemaren tercatat berjumlah 30 orang.

Adapun rincian total 720 orang yang telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat, adalah:

  1. Dirawat di berbagai rumah sakit 64 orang (8,89%)
  2. Isolasi di berbagai fasilitas 54 orang (7,5%)
  3. Meninggal dunia 31 orang (4,31%)
  4. Sembuh 571 orang (79,3%)

Namun itu semua tak lepas dari komitmen seluruh stakeholder dan disiplin masyarakat mematuhi segala protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Tetaplah jaga kesehatan dan marilah kita konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan dimaksud,” ajak Jasman.

Berikut rincian pertambahan 3 (tiga) orang positif terinfeksi Covid-19 dan 10 orang sembuh hari ini :

Kota Padang Panjang

  1. Wanita 44 th, warga Silaiang Bawah, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.
  2. Wanita 28 th, warga Balai-balai, pekerjaan adm klinik, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

Kabupaten Solok

  1. Anak-anak (perempuan) 8 th, warga Lembah Gumanti, status pelajar, diduga terpapar dari riwayat pengobatan rumah sakit, status meninggal dunia.

Pasien sembuh sebanyak 10 orang dengan rincian:

  1. Pria 32 th, warga Parak Gadang Timur Kota Padang, pekerjaan Polri, terinfeksi karena diduga terpapar dari pekerjaan, pasien RS Bhayangkara.
  2. Wanita 55 th, warga Kurao Pagang, pekerjaan IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Semen Padang Hospital.
  3. Wanita 31 th, warga Limau Manih, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena diduga terpapar dari pekerjaan, pasien RS Unand.
  4. Wanita 24 th, warga Gates, pekerjaan karyawan toko, terinfeksi karena kontak di Pasar Raya, pasien karantina BPP Padang.
  5. Pria 28 th, warga Lubuak Buayo, pekerjaan swasta, terinfeksi karena diduga terpapar dari pekerjaan, pasien karantina Bapelkes.
  6. Batita (perempuan) 2 th, warga Kasang Kab. padang Pariaman, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien karantina Bapelkes.
  7. Pria 21 th, warga Pagambiran Kota Padang, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien karantina Bapelkes.
  8. Pria 56 th, warga Pegambiran, pekerjaan pedagang, terinfeksi karena kontak di Pasar Raya, pasien karantina Bapelkes.
  9. Wanita 46 th, warga Ikua Koto, pekerjaan pedagang Pasar Raya, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.
  10. Pria 12 th, warga Banuaran, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.

Meninggal dunia sebanyak 1 (satu) orang dengan rincian:

  1. Anak-anak (perempuan) 8 th, warga Lembah Gumanti, status pelajar, diduga terpapar dari riwayat pengobatan rumah sakit, status meninggal dunia.

Berikut perkembangan Covid-19 di Sumbar yang datanya kami himpun dari berbagai rumah sakit dan gugus tugas Kabupaten Kota se Sumatera Barat, Jum’at 26 Juni 2020 pukul 14.00 WIB.

Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 9.626 orang.
Proses pemantauan 163 orang, dengan rincian karantina Pemda 2 (dua) orang dan 161 orang isolasi mandiri.
Selesai pemantauan 9.463 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 1309 orang.
Masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. 19 orang.
Dinyatakan negatif, pulang dan sembuh 1290 orang.

“Mari kita semua berdoa, semoga wabah pandemik Covid-19 segera berakhir,” tutup Jasman Rizal yang adalah juga Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat.

(AL)

Pos terkait