Info Covid-19 Sumbar : Pagi Ini Positif Bertambah 3, Gugus Tugas Sampaikan Kesimpulan Sementara

Istilah seputar virus Corona (Covid-19). Gambar (Hanny Tanjung).
Istilah seputar virus Corona (Covid-19). Gambar (Hanny Tanjung).

Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), merilis data terbaru sementara, update data pasien Covid-19.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumbar, Jasman Rizal, dalam rilis yang dibagikan via WAG Rabu, (24/06/2020), pagi ini menginformasikan terjadi lagi penambahan jumlah pasien terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 dan pasien sembuh.

Diterangkan Jasman, tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan dan penanggungjawabnya Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc.

Bacaan Lainnya

Melaporkan bahwa : dari 936 sampel swab yang dikirim berbagai rumah sakit di Sumbar berdasarkan hasil survailance, sementara sampai pukul 05.00 WIB terkonfirmasi sampel positif sebanyak 3 orang, dengan rincian :

  1. Kota Solok 2 (dua) orang
  2. Kabupaten Solok Selatan 1 (satu) orang.

Juga terkonfirmasi adanya pertambahan kesembuhan sebanyak 10 orang.

“Dengan demikian total sementara warga sumbar positif terinfeksi Covid-19 sampai hari ini pada pukul 05.00 WIB adalah 715 orang,” terang Jasman.

Adapun perincian 715 orang tersebut, lanjut Jasman, adalah :

  1. Total kesembuhan adalah 535 orang (74,83%).
  2. Meninggal dunia 30 orang (4,19%).
  3. Dirawat di rumah sakit dan isolasi mandiri sejumlah 150 orang (20,98%).

Berdasarkan data sementara tersebut diatas dan data beberapa minggu terakhir, sebut Jasman, dapat kita simpulkan bahwa pertambahan positif sudah sangat sedikit, pertambahan kesembuhan persentasenya dari hari ke hari semakin meningkat dan orang yang meninggal dunia akibat Covid-19 pun beberapa minggu terakhir tidak ada lagi.

Kota Padang yang selama ini merupakan penyumbang terbanyak pasien positif di Sumbar, selama 4 (empat) hari berturut-turut tidak ada lagi terkonfirmasi warganya positif terinfeksi Covid-19.

“Untuk itu patut rasanya kita bersyukur kepada Allah SWT atas perkembangan baik ini. Terkhusus kepada tim laboratorium dan semua tenaga kesehatan yang berjuang di berbagai rumah sakit, kita ucapkan terima kasih atas dedikasinya dalam percepatan penanganan Covid-19 ini,” ucap Jasman.

Namun itu semua tak lepas dari komitmen seluruh stakeholder dan disiplin masyarakat mematuhi segala protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Tetaplah jaga kesehatan dan marilah kita konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan dimaksud.

“Untuk keterangan dan rincian lain dan atau jika ada perobahan data, nanti sore akan kami sampaikan secara lengkap,” tutup Jasman Rizal yang juga Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat.

Diberitakan Topsumbar.co.id sebelumnya, warga Sumbar terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 hingga hari Selasa,(23/06/2020), kemarin tercatat sebanyak 712 orang dan sembuh 525 orang.

(AL)

Pos terkait