78 Naker PT. MSL di Lunang di Karantina dan Segera di Rapid dan Swab Test

Sebanyak 78 orang Tenaga Kerja (Naker) PT. MSL di Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan yang baru datang dari Medan, sejak Kamis, (04/06/2020), menjalani karantina mandiri di mess perusahaan tersebut dan segera dilakukan rapid test dan uji swab.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Lunang bersama Forkopimca memerintahkan pihak perusahaan untuk melakukan karantina di mess seluruh tenaga kerja yang baru datang tersebut, sambil menunggu jadwal untuk melakukan tes Covid-19.

Pernyataan tersebut disampaikan Camat Lunang, Lyonica Ventira, Sabtu, (06/06/2020), sebagaimana dirilis Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Pessel, Selaku Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Rinaldi.

Bacaan Lainnya

Ditegaskan Lyonica Ventira, semua biaya tes Covid-19 bagi tenaga kerja baik rapid test maupun tes swab ditanggung oleh pihak PT. MSL.

Langkah tersebut dilakukan dalam rangka pencegahan dini penyebaran virus Covid-19 di tengah masyarakat Kecamatan Lunang.

Selanjutnya, sebut Lyonica Ventira, 73 orang Naker diantaranya akan dilakukan rapid test pada Senin, (08/06/2020), sementara lima orang lainnya akan dilakukan uji swab, karena dicurigai ada tanda-tanda mengarah ke Covid-19.

“Lima orang akan dilakukan pengambilan sampel swabnya di RS. M Zein Painan, yang rencana dijadwalkan Selasa (09/06/2020) depan,” kata Lyonica Ventira.

Camat Lunang, Lyonica Ventira juga menjelaskan, 78 tenaga kerja tersebut dibawa oleh pihak perusahaaan dari Medan untuk melakukan kegiatan pembangunan konstruksi pabrik.

“Mereka (tenaga kerja) tiba di Lunang, Kamis (04/06/2029), pada esok harinya Jumat dan hari ini Sabtu oleh pihak gugus tugas kecamatan bersama Forkopimca melaksanakan screeningdan tracking perjalanan tenaga kerja PT. MSL dari Medan hingga sampai di Kecamatan Lunang,” sebut Lyonica Ventira.

Dari hasil kegiatan tersebut, lanjut Lyonica Ventira, disimpulkan 5 (lima) orang Naker harus dilakukan uji swab dan 73 orang Naker dilakukan rapid test.

”Jika hasil rapid test terhadap 73 orang Naker tersebut ada yang reaktif akan dilanjutkan dengan uji swab,” tuturnya.

Saat ini, Lyonica Ventira meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak perlu cemas karena pihak gugus tugas Kecamatan Lunang dan Forkopimca telah melakukan berbagai langkah antisipasi dan selalu aktif berkoordinasi dengan tim gugus tugas Kabupaten Pesisir Selatan.

“Kita melakukan screening, mengkarantina dan melakukan berbagai tes Covid-19 untuk memastikan kalau mereka (Naker) benar-benar aman dari virus Covid-19,” tutupnya.

Pos terkait