Update Covid-19 Kabupaten Solok, Warga Jalani Tes Swab 302 Orang

Update data virus Corona (Covid-19), Kamis (28/05/2020) terjadi penambahan dari hari sebelumnya, peningkatan terjadi pada data pemeriksaan tes swab karena ada kegiatan tracking terhadap warga yang terkait erat pada pasien positif pada hari kemarin.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Solok, Syofiar Syam. Kabag Humas Kapaten Solok tersebut juga menegaskan bahwa saat ini pasien positif tetap sebanyak 8 (delapan) orang. ODP kita sebanyak 7 (tujuh) orang dan PDP dirawat ada penambahan baru sebanyak 2 (dua) orang.

Keterangan PDP dirawat :

Bacaan Lainnya
  1. Laki-laki, Umur 57 th alamat Nagari Batang Barus, dirawat di ruang isolasi RSUD Arosuka dari tanggal 27 Mei 2020.
  2. Laki-laki, Umur 40 th alamat Nagari Panyakalan, dirawat di ruang isolasi RSUD M. Natsir dari tanggal 27 Mei 2020.

Keterangan kasus positif :

Sampai sekarang total warga Kabupaten Solok yang Positif adalah sebanyak 8 (delapan) orang, yang terdiri dari Meninggal 2 (dua) orang, sembuh 4 (empat) orang dan dirawat sebanyak 2 (dua) orang, adapun rinciannya adalah sebagai berikut :

Kecamatan Pantai Cermin :

  1. Perempuan, 52 th alamat Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin, kontak erat dengan pasien Positif an. Syarifudin (Istri), ybs sudah 5 (lima) kali tes swab, 4 (empat) kali hasil Positif dan 1 (satu) kali lagi sedang menunggu hasil, sekarang masih dirawat di ruang isolasi Semen Padang Hospital (SPH),
  2. Laki-laki, 77 th alamat Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin, ybs telah Meninggal dunia tanggal 21 April 2020

Kecamatan Kubung

  1. Laki-laki, umur 69 th alamat Nagari Koto Baru, Meninggal dunia di RSUD Arosuka (tanggal 14 mei 2020)
  2. Laki-laki, umur 44 th alamat Nagari Koto Baru, riwayat kontak erat dengan kasus konfirmasi positif Covid-19 Kota Solok an. BAH, ybs sekarang karantina di BPSDM Padang.

Pasien Positif yang SEMBUH :

  1. Perempuan, 35 th alamat Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin, kontak erat dg pasien positif an. Syarifudin (Anak) dinyatakan sembuh tgl 10 Mei 2020 setelah
    dua kali dilakukan pemeriksaan swab dengan hasil Negatif.
  2. Laki-laki, 41 th alamat Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin, kontak erat dengan Pasien positif an. Syarufudin (Menantu) dinyatakan sembuh tgl 10 Mei 2020 setelah
    dua kali dilakukan pemeriksaan swab dengan hasil Negatif.
  3. Laki-laki, 3 th alamat Nagari surian Kecamatan Pantai Cermin, kontak erat dengan pasien positif an. Syarifudin (Cucu) dinyatakan sembuh tgl 10 Mei 2020 setelah
    dua kali dilakukan pemeriksaan swab dengan hasil Negatif.
  4. Perempuan, umur 49 th alamat Nagari Bukit Kanduang Kecamatan X Koto Diatas, riwayat perjalanan ke RSUD Padang Panjang tanggal 23 April 2020, dinyatakan sembuh setelah 2 (dua) kali pemeriksaan swab dengan hasil Negatif (tgl 13 Mei 2020 dan 22 Mei 2020).

Pemeriksaan ulang telah dilakukan pemerikasaan :
Rapid Test 69 orang
Swab Test 302 orang

Mari bersama kita erdoa dan berusaha dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Solok, khusus dalam masa PSBB ini yakni :

  1. Agar tetap di rumah saja.
  2. Jika memang sangat perlu ke luar rumah agar selalu pakai masker.
  3. Jaga jarak dan hindari kerumunan.
  4. Sering cuci tangan.
  5. Jangan panik akan tetapi tetap waspada
  6. Ikuti anjuran dan himbauan pemerintah.

Pada hari ini dilaksanakan kegiatan vidcon antara Gubernur Sumatera barat dengan Bupati dan Walikota se-Sumatera barat tentang apakah PSBB ini diperpanjang atau tidak. Selanjutnya kita bersiap untuk memasuki Era New Normal terhadap pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Solok.

(Andar MK)

Pos terkait